Langsung ke konten utama

Si Kecil Senang Bercermin, Apa Manfaat Baiknya?

News Topic - Si Kecil senang melihat dirinya sendiri di cermin menjadi hal yang wajar, karena anak-anak memang suka bereksplorasi dan senang menemukan hal yang baru. Ya, mereka suka melihat wajahnya sendiri.

Seorang penulis buku 'Dads, Teach Your Child About Manners', Jennifer White, mengungkapkan bahwa bayi memang suka melihat wajah orang-orang di sekitarnya.

Ketika bayi berusia 9 hingga 12 bulan, kita dapat memanfaatkan daya tarik tersebut untuk mengembangkan beberapa keterampilan, seperti koordinasi tangan-mata, bahasa, keterampilan mendengarkan, dan meniru.

"Begitu penglihatan bayi berkembang, mereka senang melihat wajah, bahkan wajah mereka sendiri. Orangtua mungkin sudah bisa memperkenalkan bayi pada cermin, karena mereka mengeksplorasi diri sendiri," kata White, dilansir AkuratParenting dari Very Well Family.

White menambahkan bahwa permainan cermin dapat membantu bayi mengembangkan keterampilan kognitif, fisik, dan anak juga belajar kesadaran diri.

Untuk itu, berikut beberapa manfaat yang perlu ayah dan bunda ketahui ketika bayi bermain di depan cermin.

Bantu penglihatan

Cermin bisa membantu perkembangan visual si kecil saat mereka melihat pantulan benda yang bergerak. Di antaranya gerakan tubuhnya sendiri, hewan peliharaan, atau orang tua yang duduk di sampingnya saat bermain di depan cermin.

Keterampilan motorik halus

Cermin dapat merangsang bayi untuk menunjuk dan meraih segala sesuatu. Ketika Si Kecil dapat menangkap benda, bermain dengan cermin dapat mendukung keterampilan tangan dan jari mereka.

Koordinasi tangan dan mata

Dalam merangsang keterampilan motorik halus, secara tidak langsung ketika Si Kecil Bercermin itu dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata bayi.

Bantu gerakan motorik kasar

Saat Si Kecil berceemin, hal itu dapat mendorong mereka untuk berguling, duduk, merangkak, dan berdiri. Semua bisa terjadi saat bayi ingin lebih dekat dengan refleksinya.

Merangsang perhatian

Cermin cenderung menangkap dan menahan pandangan bayi. Semakin lama Si Kecil berfokus pada sesuatu, hal itu semakin merangsang perhatian bayi untuk berkembang.

Menambah keterampilan bahasa dan emosional

Cermin adalah cara kreatif bagi orangtua untuk mengajarkan Si Kecil kosakata, gerak tubuh, dan konsep emosional. Cara yang perlu dilakuka  adalah dengan mengajak anak menirukan ucapan yang diberikan oleh orangtua.


Sumber : Akurat.co

Komentar