News Topic - Mewabahnya virus Covid-19 juga berdampak pada sistem kerja di perusahaan. Salah satu bentuknya adalah banyaknya perusahaan yang memberikan instruksi kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah. Namun, tidak semua karyawan dapat merespons kebijakan ini dengan baik sehingga produktivitas bisa saja menurun.
Untuk menghindari hal tersebut, AKURAT.CO mengumpulkan berbagai tips jitu bekerja dari rumah dengan baik yang dilansir dari berbagai sumber.
1. Siapkan ruang kerja
Ini adalah hal dasar yang harus segera dipenuhi untuk menunjang produktivitas ketika bekerja jarak jauh. Karena terkadang belum ada persiapan, kamu bisa menjadikan sebagian ruang keluargamu menjadi ruang kerja mini sementara. Sebuah pemisah dengan menggunakan rak atau tumpukan tirai cukup untuk membuatnya siap ditempati.
2. Siapkan teknologi
Konsep Remote Working sangat bergantung pada fasilitas teknologi. Maka dari itu, usahakan untuk memiliki teknologi pendukung yang mumpuni, seperti koneksi internet yang tangguh, aplikasi produktivitas, hingga perangkat keras lain yang sesuai seperti webcam, printer, atau headphone.
3. Susun jadwal
Salah satu tantangan utama ketika bekerja dari rumah adalah menunda pekerjaan dan kemalasan diri sendiri. Maka dari itu, kamu perlu membuat prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu lalu membuatnya menjadi jadwal mingguan hingga harian.
4. Seimbangkan waktu kerja dan pribadi
Bekerja dekat dengan keluarga memang menjadi kelebihan tersendiri. Di sisi lain, cara kerja seperti ini bisa menghilangkan batas antara waktu bekerja dan waktu untuk pribadi. Jika tidak disiasati dengan baik, maka pekerja bisa lebih cepat stres. Maka dari itu, susun batas jelas antara kerja dan pribadi, mulai dari waktunya hingga lokasinya.
5. Siapkan pakaian kerja
Meski bekerja dari jarak jauh, absensi juga pasti akan tetap dilakukan. Ada beberapa perusahaan yang setiap hari mengharuskan kehadiran karyawannya untuk apel atau rapat harian. Namun ada juga yang hanya perlu absen selama periode tertentu. Dengan kebijakan mana pun, kamu harus tetap menyiapkan pakaian kerja karena ketika absensi beberapa perusahan memilih untuk melakukan conference call.
Lama kelamaan, kamu akan terbiasa untuk bekerja dari jarak jauh sehingga produktivitas dapat tetap terjaga, bahkan bisa lebih ditingkatkan.
Sumber : Akurat.co
Komentar
Posting Komentar