Langsung ke konten utama

Cara Efektif Bersihkan Rumah Lawan Virus Corona

News Topic - Karena Virus Corona COVID-19 terus menyebar luas, masyarakat disarankan untuk tidak beraktivitas ke luar rumah sementara waktu. Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah untuk menjaga rumah mereka tetap bersih dan bebas dari kuman.
Virus Corona sendiri menyebar dari orang ke orang dan paling sering terpapar di antara kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki) melalui percikan liur dari bersin atau batuk yang terhirup ke pernapasan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). 
Beberapa bukti menunjukkan bahwa Virus Corona dapat bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari berbagai bahan. Maka para ahli merekomendasikan pembersihan permukaan yang terlihat kotor, ditambahkan dengan desinfeksi.
CDC menyatakan bahwa permukaan yang sering disentuh (meja, gagang pintu, sakelar, pegangan, meja, toilet, keran, bak cuci) harus dibersihkan secara teratur dengan "pembersih rumah tangga dan Desinfektan terdaftar EPA yang sesuai untuk permukaan, mengikuti instruksi label.
Berikut adalah panduan dari CDC untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda yang ada di rumah, yang AkuratTren lansir dari Silive:
- Kenakan sarung tangan sekali pakai yang harus dibuang setelah melakukan pembersihan. Jika sarung tangan dapat kembali digunakan, sarung tangan tersebut harus didedikasikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain. 
Konsultasikan instruksi pabrik untuk membersihkan dan mendesinfeksi produk yang digunakan. Tangan harus segera dibersihkan setelah sarung tangan dilepas.
- Jika permukaannya kotor, harus dibersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum disinfeksi.
- Untuk desinfeksi, larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol dengan setidaknya 70% alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar EPA yang paling umum harus efektif.
- Biasanya merek disinfektan, seperti Lysol dan Clorox sudah terdaftar di EPA. CDC lebih menyarankan untuk membuat cairan disinfektan sendiri dengan mencampurkan 5 sendok makan cairan disinfektan pada 1 galon air atau 4 sendok teh disinfektan pada 1 liter air.
- Larutan pemutih rumah tangga encer dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. Ikuti instruksi pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.
Membunuh kuman dengan desinfeksi setelah pembersihan adalah cara paling efektif untuk menurunkan risiko infeksi, menurut CDC.
Berikut adalah pedoman CDC untuk kebersihan tangan yang benar, yang juga penting.
- Anggota rumah tangga harus sering membersihkan tangan, termasuk segera setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit, dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak tampak kotor, pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol dapat digunakan.
- Waktu-waktu penting untuk membersihkan tangan meliputi: Setelah menutup hidung, batuk, atau bersin, setelah menggunakan kamar kecil, sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan, sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polda Metro Jaya Kembali Menangkap Satu Pelaku dari Pembobolan Rekening

News Topic - Polisi dari Jajaran Polda Metro Jaya kembali menangkap satu tersangka pembobolan rekening BCA wartawan senior Ilham Bintang. Pelaku diketahui berinisial P alias Pegik. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menerangkan, Polda Metro Jaya juga akan terus melakukan pengembangan terkait kasus pembobolan untuk mencari pelaku yang masih buron. Hasilnya petugas berhasil menangkap P pada awal Maret 2020. Sementara polisi masih memburu tersangka lainnya berinisial A. "Jadi ada dua DPO. Satu orang atas nama P sudah ditangkap," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Jumat (6/3/2020). Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan peran dari P. Tersangka mempunyai tugas mencari data milik Ilham Bintang melalui Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Setelah mendapat SLIK OJK, kemudian dicocokkan dengan (data) kartu kredit melalui aplikasi, lalu diserahkan ke tersangka D," terang Yusri. Guna